Pages

Cara Pengisian Aplikasi Dapodik PAUD secara Online Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Cara Pengisian Aplikasi Dapodik PAUD secara Online Tahun 2018/2019. Sekarang sudah menjadi hal yang biasa diera teknologi segala urusan dapat mudah di kerjakan dan dilakukan dengan secara Online. Hampir di semua bidang sudah menggunakan Teknologi Internet atau Online salah satunya adalah di Bidang Pendidikan. Dulu untuk pengiriman data sekolah harus dikumpulkan dan dikerjakan manual di Kantor Dinas Pendidikan setempat yang membutuhkan waktu yang lama agar data tersebut sampai ke Pusat atau Kementerian Pendidikan. Namun sekarang ini sudah tidak zaman lagi menggunakan sistem manual disamping memakan biaya dan waktu agar data tersebut bisa masuk ke Pusat, sekarang sudah menggunakan sistem online menggunakan Teknologi Komputer dan Internet hanya hitungan beberapa detik saja data sudah dapat terkirim ke sistem Pusat.
Cara Pengisian Aplikasi Dapodik PAUD secara Online Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Salah satu sistem aplikasi yang menggunakan jaringan internet adalah pada Aplikasi Data Pokok Pendidik atau yang kita kenal dengan kata Dapodik. Di Indonesia sudah menggunakan Aplikasi Dapodik ini sudah kurang lebih 6 atau 7 tahun namun baru diberlakukan di Jenjang Sekolah Dasar ke atas saja tetapi sekarang Aplikasi Dapodik ini sudah diberlakukan ke semua jenjang Pendidikan baik di Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dll yang masih bernaung di Kementerian Pendidikan. Pada jenjang PAUD menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD terdapat 2 metode dalam mengerjakannya, karena masih banyaknya kendala dalam sinyal dan jangkauan internet sehingga di Jenjang PAUD menggunakan 2 metode yaitu secara Offline dan Online. Untuk Offline menggunakan Aplikasi Dapodik yang harus di instal langsung ke dapodik pengerjaannya tidak membutuhkan kuota internet hanya saja ketika sudah diisi semua data di Aplikasi Dapodik setelah itu pengiriman data atau Sinkronisasi harus terkoneksi internet terlebih dahulu. Sedangkan Aplikasi Dapodik Online tidak usah menginstal Aplikasi Dapodik ke laptop atau komputer langsung saja ke alamat yang sudah ditentukan dan masukkan Email dan Password seperti anda mengisi pada Aplikasi Dapodik dan Login. Tetapi sebelumnya harus mengubah sistem pengerjaan Aplikasi Dapodik dengan Online.
Karena di Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di Jenjang PAUD untuk pengerjaan Aplikasi Dapodik PAUD sudah dibuka namun hanya bisa dikerjakan dengan Metode Online, sehingga disini saya akan menerangkan bagaimana cara pengerjaannya dengan step by step. Untuk langkah-langkahnya bisa anda lihat dibawah ini.
  1. Langkah pertama adalah anda harus mengubah metode pengerjaan dapodik ke sistem Online di Manajemen PAUD ke alamat ini https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ dengan masuk dan login di sebelah kanan atas pilih Satuan Pendidikan. Setelah Login cari kata Dapodik Offline/Sync Online, klik kata tersebut dan nantinya ada pilihan untuk mengubah cara pengerjaan Dapodik. Apabila anda ingin mengerjakan dengan secara Online anda pilih Metode Sinkronisasi "Dapodik Online" dan Simpan. Setelah itu anda sudah bisa mengerjakan Dapodik secara online.
  2. Setelah langkah diatas barulah anda masuk ke Aplikasi Dapodik Online di alamat berikut: https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Account/Login? dan masukkan Email dan Password seperti yang biasa anda gunakan ketika masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD terus klik Login
  3. Ketika anda sudah masuk, anda akan menemui menu-menu seperti pada Aplikasi Dapodik Offline yaitu Data Lembaga, Sarana Prasarana, PTK, Peserta Didik, dan Rombongan Belajar. Apabila ada perubahan data bisa anda ubah dengan klik edit di sebelah kanan atas dan Simpan setelah selesai mengisi.
  4. Ada beberapa menu yang dapat anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan yaitu pada menu PTK anda tinggal pilih Salin Penugasan PTK Tahun Pelajaran 2018/2019 dan menu Rombongan Belajar anda Pilih Menu dan pilih Tarik Rombel. Tarik Rombel maksudnya adalah menarik Rombel pada semester 1 menjadi semester 2. Karena ini semester 2 sehingga hanya melanjutkan saja dari semester 1 ke semester 2.
  5. Semua fitur menu harus terisi jangan sampai ada yang terlewat. Apabila data masih sama seperti di semester 1 tidak usah di edit atau diubah. Untuk memastikan data anda sudah terisi terutama PTK dan Peserta Didik bisa anda lihat di Dashboard.
  6. Sebelum anda keluar dari Aplikasi Dapodik PAUD Online, anda unduh SPTJM dan Profil Data Satuan Pendidik pada Dashboard di sebelah kanan atas yang bertuliskan Print SPTJM dan Print Data Satdik , file tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban bahwa data yang anda isi benar dan valid dan dikumpulkan ke Dinas setempat.
  7. Ketika semua sudah terisi anda tinggal keluar di klik Log out di Pojok Kanan Atas yang bertulisan email anda.
Semoga artikel dan tutorial ini bermanfaat bagi anda semuanya terutama pada Operator Aplikasi Dapodik PAUD.

Baca Juga artikel yang terkait, seperti :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pengisian Aplikasi Dapodik PAUD secara Online Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar